Ads Top

Manfaat Daun Pandan Untuk Wajah



Pandan merupakan tanaman yang banyak tumbuh indonesia. Bagian yang paling dimanfaatkan dari tanaman ini yaitu daunnya. Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk memasak agar masakan lebih sedap sehingga menambah nafsu makan. Daun pandan telah telah banyak dimanfaatkan dalam menjaga penampilan.

Daun pandan merupakan salah satu cara diantara banyak cara menjaga penampilan diri wanita agar tampak menarik. Daun pandan secara efektif mampu digunakan untuk mengatasi ketombe dan kerontokan rambut. Anda hanya cukup memblender daun pandan dan mengaplasikannya pada rambut sebelum keramas untuk mendapatkan rambut yang bebas ketombe dan rontok.

Berikut beberapa resep penggunaan daun pandan untuk permasalahan kulit antara lain: 

1. Daun pandan untuk mengatasi jerawat 

 Jerawat merupakan masalah yang dialami remaja. Tapi banyak juga orang dewasa yang mengalami jerawat pada masa-masa tertentu, misalnya menjelang menstruasi, stres, atau makan makanan yang memicu jerawat. Perawatan tradisional memang memakan waktu lebih lama dibandingkan perawatan medis seperti mikrodermabrasi .

 Cara pembuatan: peres daun pandan sampai dengan menghasilkan ½ sdt air perasannya. Haluskan pisang sampai menjadi bubur. Peres jeruk nipis. Campurkan air perasan daun pandan dengan madu murni. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu masukan minyak zaitun ke dalam campuran yang telah di buat.

 Cara penggunaan: anda dapat menggunakan campuran air perasaan daun pandan di atas sebagai masker untuk mengatasi jerawat. Anda dapat menggunakan masker ini pada bagian mata dan leher. Hasil terbaik akan anda dapat jika menggunakan masker ini secara rutin 2 kali seminggu.

 2. Daun pandan untuk mengatasi komedo yang membandel 

 Permasalah kulit berminyak lainnya yaitu komedo. Komedo baik yang berupa white heads maupun black heads yang biasanya ada di daerah hidung dan dagu tentu saja sangat mengganggu penampilan saja. Dengan menggunakan bahan alami yang berasal dari daun pandan berikut, anda dapat menghemat uang untuk pergi facial ke salon.

 Bahan: daun pandan, jeruk nipis, dan madu Jeruk nipis dapat pula diganti dengan jeruk lemon. Manfaat jeruk lemon untuk wajah ialah dapat digunanakan untuk mengatasi kulit yang berminyak, berjerawat, dan kusam.

 Cara pembuatan: persan daun pandan sampai anda mendapatkan air perasannya. Campur air perasaan daun pandan ini dengan air perasaan jeruk nipis dan madu. Aduk semua bahan sampai merata.

 Cara penggunaan: aplikasikan bahan yang telah dibuat pada bagian yang memiliki banyak komedo, misalnya daerah hidung dan dagu. Biarkan campuran itu selama kurang lebih 15 menit. Bersihkan dengan menggunakan air.

 3. Menenangkan dan mengurangi stress 

 Manfaat daun pandan bukan hanya untuk pemakain luar saja. Apa yang kita makan akan terpancar keluar dan mempengaruhi kencantikan kita. Jika di minum daun pandan akan mampu memberikan efek menenangkan dan mengurangi stress. Seperti yang kita tahu, stres merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penuaan dini. Penuaan dini tentu saja akan mengurangi kecantikan wajah.

 Cara pembuat: anpanaskan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah mendidih masukan daun pandan yang telah diikat, kapulaga dan jahe. Panaskan pada suhu medium selama kurang lebih 10 menit. Masukan gula aren sesuai dengan selera anda.

No comments:

Powered by Blogger.