Ads Top

Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Mie Instan

Mie instan merupakan makanan yang sudah sangat populer disemua kalangan. Makanan yang sangat praktis, jadi tidak heran jika banyak orang yang suka mengonsumsi mie instan. Mie instan sendiri sudah menjadi makanan favorit masyarakat di Indonesia, terutama untuk anak kos di akhir bulan. Namun, jika anda mengonsumsi terlalu sering justru itu akan menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan anda.

Bahaya mengonsumsi mie instan


Makanan yang diproses pada umumnya hanya dilakukan penambahan garam, gula, dan lemak yang berfungsi untuk menambah rasa agar lebih nikmat, sekaligus supaya lebih tahan lama dan bisa disimpan dalam jangka waktu panjang. Terkadang, penambahan beberapa kandungan juga dapat mempengaruhi tampilan makanan yang diproses, sehingga dapat meningkatkan keinginan orang untuk mengonsumsinya. 

Namun dengan penambahan gula, tentu lemak yang terkandung dalam makanan tersebut akan semakin bertambah. Selain itu, kandungan nutrisinya juga tidak banyak. Sehingga akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya : 

1. Diabetes 

Mie instan terbuat dari maida. Maida yaitu olahan tepung terigu yang mengalami proses penggilingan, penghalusan dan pemutihan. Menurut pendapat dokter yang merupakan ahli gizi dari Rumah Sakit Fortis di New Delhi mengemukakan bahwa maida yang terkandung pada mie instan hanyalah bahan tambahan yang tidak memiliki kandungan nutrisi apapun selain kaya rasa. Jadi, jika mengonsumsi maida akan menyebabkan diabetes. 

Selain itu, maida memiliki kandungan gula yang tinggi. Jika anda mengonsumsi maida maka akan menambah kadar gula darah anda. 

2. Sindrom metabolik 

Peneliti Hyun Sin telah melakukan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi mie instan lebih dari dua kali dalam seminggu, dapat berisiko lebih tinggi terpapar sindrom metabolik dibanding dengan yang tidak mengonsumsi mie instan. Sindrom metabolik terjadi karena adanya kandungan sodium dan lemak jenuh yang tinggi dan tidak sehat, yang terdapat pada mie instan. 

3. Kerusakan jaringan otak 

Mengonsumsi mie instan terlalu sering atau secara terus-menerus ternyata dapat merusak jaringan otak. Ini disebabkan karena menumpuknya zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel jaringan otak. Efek terlalu sering mengonsumsi mie instan akan ada kemungkinan terjadinya penurunan transmisi sinyal otak. Selain itu, kerusakan jaringan sel otak juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti stroke hingga kelumpuhan. 

No comments:

Powered by Blogger.